Sabtu, 19 November 2011

Defenisi Dasar Intranet dan Internet

Apa Defenisi dasar Intranet dan Internet? (Bobot 15)
*Kok pake bobot? Emang ujian?

Postingan ini saya ambil dari soal UTS saya beberapa hari yang lewat.

Apa itu Intranet?


Kalo menurut Wikipedia (yang tidak bisa saya akses ketika ujian) inilah pengertiannya:



"Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan."

Jadi Intranet adalah suatu jaringan privat atau jaringan pribadi yang hanya bisa di akses oleh anggota dari intranet yang terbatas itu. seperti dalam suatu perusahaan, sekolah atau perusahaan. Jaringan ini menggunakan IP privat, bukan publik, jadi hanya bisa di akses di area yang dicakup intranet, kita tidak bisa mengakses secara publik dari manapun seperti kita mengakses twitter atau facebook dimanapun kita suka.

Kemudian apa itu internet


menurut wikipedia internet adalah :


"Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking."
"Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor."

Jadi Internet adalah jaringan global yang menghubungkan seluruh IP publik di seluruh dunia. Kita bisa mengakses situs manapun di dunia yang tergabung dalam IP publik ini. Internet juga merupakan jalur transportasi tercepat saat ini, contohnya saja ketika kita mengirim e-mail kita mengirim surat ke negara mana pun di dunia hanya dalam hitungan detik saja. Begitu juga dengan FTP (File Transfer Protokol) kita mendownload file dari server di berbagai belahan dunia dengan cepat juga.



Semoga artikel ini bisa membantu
(membantu nilai saya tentunya :D )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar